Sunday 20 May 2012

Software e-Meukat Tembus Hingga Ke Jepang

BY Putra Muharril No comments

Salah satu tim finalis kompetisi School On Internet (SOI) Entrepreneurship
Se-Asia dari Fakultas Teknik Elektro Unsyiah foto bersama dosen
pembimbing mereka di Fakultas tersebut, Kamis (19/1)

PERANGKAT lunak (Software) e-Meukat, karya empat mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, berhasil masuk final pada kompetisi School on Internet (SOI) Enterpreneurship yang diikuti 22 perguruan tinggi se-Asia Tenggara. Presentasi para finalis akan berlangsung pada awal Maret, di Tokyo, Jepang.

Keempat mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Unsyiah yang berhasil membuat aplikasi software e-Meukat tersebut adalah Mulkan (23), Zefri (21), Harits (21), dan Teddy (22). Mereka akan berangkat ke Tokyo, Jepang awal Maret 2012 untuk mempresentasikan e-Meukat bersama lima finalis lainnya.

“e-Meukat sebagai aplikasi untuk penjualan dan promosi kerajinan khas Aceh dengan memanfaatkan API Facebook. Isi dari e-Meukat mempromosikan hasil-hasil produk seperti bumbu masakan, kue, souvenir, dan berbagai informasi tentang Aceh,” kata Zefri, seorang engineering dalam tim tersebut, kepada Serambi, Kamis (19/1).

Menurut Zefri, e-Meukat layaknya seperti katalog yang berisi produk-produk Aceh yang tersimpan dalam database yang kemudian disalurkan ke jejaring sosial Facebook. Aplikasi ini akan memudahkan transaksi, membantu pengembangan pemasaran, dan mendukung penggunaan produk open source dalam pengembangan aplikasi industri kreatif untuk produk-produk khas Aceh.

“Kami memanfaatkan facebook karena kami melihat media jejaring sosial ini sangat besar manfaatnya karena sudah pasti akan dilihat banyak user (pengguna facebook). Jadi di e-Meukat ini ada promosi, penjualan, dan pembayaran. Untuk pembayaran kami akan bekerjasama dengan pihak perbankan,” kata bidang kreatif dalam tim tersebut, Mulkan.

Dalam kompetisi yang digelar setahun sekali itu, para finalis akan mempresentasikan software dan hardware karya mereka di depan para juri di Kota Tokyo, Jepang. Tim dari Unsyiah direncanakan akan berangkat pada akhir Februari dan awal Maret dan tiba di Tokyo awal Maret 2012 di Tokyo, Jepang guna mengikuti final kompetisi SOI Enterpreneurship 2011-2012 se-Asia. (serambinews)

Informasi : Beberapa link yang bisa di-browsing untuk mengetahui SOI dan e-Meukat adalah www.soi.asia, Link SOI www.soi.wide.ad.jp/soi-asia/entre/20111220_business_contest/, Link pengumuman masuk final SOI yang juga merupakan link untuk mengakses aplikasi e-Meukat adalah http://apps.facebook.com/emeukat.

0 comments: