Friday 24 June 2011

(No HoaX) Ternyata Manusia Bisa Hidup Abadi!

BY Putra Muharril IN No comments

Pada tahun 1967, seorang agen rahasia Inggris “dibekukan” sembari menunggu masa yang akan datang di mana musuh bebuyutannya bangun dari tidur panjangnya dalam kebekuan untuk kembali mengancam dunia. Masa itu tiba tahun 1997. Agen rahasia itu dibangkitkan kembali setelah diawetkan dalam es selama 30 tahun untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran.

Mungkin anda mengenali scenario di atas yang ada dalam film “Austin Powers: International Man of Mystery” (1997). Ilmu pengetahuan yang mengilhami cerita film itu benar-benar ada. Ilmu itu disebut kriogenika, yaitu ilmu yang mempelajari tentang apa yang terjadi pada materi pada suhu yang sangat rendah. Krionika, yaitu teknik yang digunakan untuk mengawetkan tubuh manusia pada suhu yang sangat rendah dengan harapan suatu hari dapat dibangkitkan kembali, sedang dikembangakn saat ini. Gagasan di balik krionika adalah jika seseorang “mati” akibat penyakit yang dideritanya, ia dapat “dibekukan” untuk kemudian dibangkitkan kembali di masa depan saat teknologi pengobatan sudah dapat menyembuhkan penyakitnya itu. Seseorang yang diawetkan sedemikian rupa dikatakan berada dalam keadaan suspensi krionika.

Tahap-tahap untuk menjalani suspensi krionika:

1. Menjadi anggota sebuah fasilitas krionika dan membayar iuran keanggotaan (sekitar $400 per tahun).

2. Dinyatakan “mati secara hukum”.

3. Tim tanggap darurat dari fasilitas tersebut mendatangi anda, tubuh anda distabilkan dengan cara memasok oksigen melalui darah ke otak anda dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan fungsi minimal otak hingga saatnya tiba untuk anda dipindahkan ke fasilitas suspensi.

4. Tubuh anda akan dibungkus dalam es dan diinjeksikan heparin (sejenis antikoagulan/ anti pembekuan darah) untuk mencegah darah anda membeku dalam perjalanan menuju fasilitas krionika. Sekelompok tim medis menunggu kedatangan tubuh anda di fasilitas itu.

5. Begitu anda tiba di fasilitas kriogenika, “pembekuan” yang sesungguhnya segera dimulai. Fasilitas kriogenika tidak bisa begitu saja menempatkan pasien mereka ke dalam wadah nitrogen cair karena akan menyebabkan air yang dikandung sel tubuh membeku. Tim krionika harus membuang air dari sel-sel tubuh anda terlebih dahulu dan menggantinya dengan campuran kimiawi berbasis gliserol yang disebut krioprotektan (semacam senyawa antipembekuan tubuh manusia).



6. Langkah selanjutnya adalah memasukan tubuh anda yang kemudian diletakkan ke dalam tangki logam yang besar yang berisi nitrogen cair pada suhu sekitar -196oC. Tubuh anda disimpan dengan posisi kepala di bawah.



7. Karena biaya yang sangat mahal, ilmuwan memberikan jalan yang ekonomis dengan hanya mengawetkan otak anda. Dengan harapan suatu saat nanti teknologi menemukan cara untuk mengkloning tubuh anda yang lain yang tidak diawetkan.

agan ada yang berminat? klo minat bisa klik disini:
http://www.alcor.org

Sumber:
Bob Foster, Fisika SMA untuk kelas XI, 2004

8 Hasil Rekaan Fiksi Ilmiah yang Menjadi Kenyataan

BY Putra Muharril IN No comments

Jules Gabriel Verne , (8 Feb 1828 - 24 Maret 1905) adalah seorang penulis Perancis dari Brittany yang memelopori genre fiksi ilmiah. Ia terkenal karena novel seperti Twenty Thousand Leagues Under the Sea (1870), A Journey To The Center Of The Earth (1864), dan Around the World in eighty days (1873). Verne menulis tentang ruang, udara, dan perjalanan bawah air sebelum perjalanan udara dan kapal selam praktis diciptakan, bahkan sebelum perjalanan ruang angkasa telah dirancang. Dia adalah penulis individu ketiga paling diterjemahkan di dunia, menurut Index Translationum. Beberapa buku-bukunya juga telah dibuat menjadi film. Verne, bersama dengan Hugo Gernsback dan HG Wells, sering populer disebut sebagai "Bapak Fiksi Ilmiah"..

Hari Selasa (8 Februari 2011) kemarin bertepatan dengan hari kelahiran Jules Verne yang ke 183 tahun. dan jika ia masih hidup untuk melihat tahun 2011, maka penulis fiksi ilmiah Perancis ini akan melihat banyak penemuan-penemuan rekaan fantastisnya yang telah menjadi kenyataan.

Berikut adalah 8 hasil rekaan Jules Verne yang menjadi kenyataan :

1. Kapal Selam Listrik

Dalam novel yang paling terkenal, Twenty Thousand Leagues Under the Sea, Kapten Nemo melakukan perjalanan di lautan dunia menggunakan sebuah kapal selam listrik raksasa, Nautilus.

Selain dari fasilitas-fasilitas utama, ruang makan formal, dan kemewahan lain, Nautilus tidak berbeda jauh dari beberapa kapal selam modern seperti "Alvin" yaitu kapal selam tiga penumpang, yang didukung oleh baterai timbal-asam.

Seperti Alvin, Nautilus sepenuhnya didukung oleh listrik, "yang pada waktu itu memiliki semacam aura magis," kata Rosalind Williams, seorang sejarawan teknologi di Institut Teknologi Massachusetts (MIT).

Dalam buku Kapten Nemo menggambarkan listrik sebagai "agen yang kuat, patuh, cepat, mudah, yang sesuai dengan menggunakan setiap, dan memerintah tertinggi di kapal saya."

2. Siaran Berita

Dalam artikel tahun 1889 Jules Verne menggambarkan metode alternatif untuk surat kabar: "daripada dicetak, berita di bumi setiap pagi dibacakan kepada para pelanggan".

siaran berita pertama baru ada pada tahun 1920, menurut Associated Press-hampir 30 tahun setelah Verne membayangkan itu. Siaran jaringan televisi pertama baru ada 28 tahun kemudian, menurut CBS News.

3. Layar Surya

Pada karya fiksi ilmiahnya di tahun 1865 ,From The Earth To The Moon (Dari Bumi ke Bulan), Jules Verne berspekulasi tentang pesawat ruang angkasa bertenaga cahaya. Saat ini, teknologi tersebut memiliki nama: layar surya, salah satunya adalah foto dibawah ini adalah konsep NanoSail berorbit buatan NASA.

Hari ini, Verne secara luas dianggap sebagai penulis yang banyak membayangkan teknologi modern bahkan dekade sebelum mereka ada.

"Dia memperkirakan banyak hal yang pada saat ini telah terjadi, tapi itu karena ia banyak membaca dan berbicara dengan orang dan ia tahu apa yang sedang terjadi di dunia sekelilingnya, jadi mengapa kita harus terkejut?" kata Williams dari MIT.

"Ini bukan sihir. Ia hanya memperhatikan banyak hal."

4. Lunar Module

Jules Verne juga menulis tentang apa yang sekarang disebut modul lunar, seperti kapsul kru berbentuk kerucut di bawah ini adalah roket NASA yang meluncur Dari Bumi ke Bulan, ia menggambarkan "proyektil" yang dapat digunakan untuk membawa penumpang ke Bulan.

Verne membayangkan "sebuah pistol besar meluncur, dan Anda mendapatkan cukup kekuatan untuk menerobos gravitasi". Verne umumnya bersusah payah untuk menjelaskan bagaimana membayangkan temuan rekaannya dapat bekerja. Verne hanya membayangkan ide-ide tentang bagaimana Anda melakukan sesuatu selalu didasarkan pada realitas materi." kata Williams dari MIT.

5. Skywriting

Jules Verne adalah pengamat dunia di sekelilingnya, dan salah satu bidang yang ia perhatikan adalah iklan. Pada tahun 1889, Verne menjelaskan tentang "Iklan atmosfer" mirip dengan skywriting.

"Semua orang akan melihat iklan tersebut sangat besar tercermin dari awan," Verne menulis, "begitu besar sehingga mereka dapat dilihat oleh penduduk di seluruh kota atau bahkan seluruh negara."

Meskipun Verne memiliki minat dan ketertarikan dengan gadget dan mesin, Verne tidak memiliki pelatihan teknik, dia memiliki latar belakang hukum "dan bekerja di teater,akan tetapi ia memiliki teman-teman yang tertarik pada ilmu pengetahuan dan penemuan dan eksplorasi." kata Williams dari MIT.

6. Video Conference

Pada tahun 1889, Jules Verne menggambarkan tentang "phonotelephote" yaitu pelopor teknologi videoconference hari ini, seperti pada gambar di atas, digunakan untuk menghubungkan anggota keluarga jauh di Korea Utara dan Korea Selatan pada tahun 2005.

Phonotelephote ini memungkinkan "transmisi gambar melalui cermin sensitif yang dihubungkan dengan kabel," tulis Verne.

Phonotelephote Verne adalah referensi ke sebuah videophone dalam fiksi, menurut Technovelgy.com, website yang menyusun katalog penemuan dan ide dari fiksi ilmiah.

Imajinasi Verne itu juga sangat dipengaruhi oleh jurnal ilmiah dan teknis, kata William.

"Dia membaca dengan lahap,"katanya. "Dia pergi ke klub pria di mana semua jurnal itu berada dan ia mengambil catatan, jadi dia tahu bahwa ada sebuah kapal selam yang sedang diuji coba di Laut Utara, misalnya."

7. Taser

Topik favorit Jules Verne bukan hanya tentang spekulasi kendaraan, tapi ia juga menulis tentang senjata yang belum ada. Misalnya, dalam Twenty Thousand Leagues Under the Sea, ia menggambarkan sebuah senjata yang memberikan sentakan listrik yang kuat, seperti sebuah "alat kontrol elektronik" Taser.

Verne menulis: "Bola yang dikirim oleh senjata ini bukanlah bola biasa, tetapi serpihan-serpihan kecil dari kaca. Serpihan ini ditutupi dengan casing baja, dan diberi bobot dengan pelet timbal." -perangkat abad ke 18 yang digunakan untuk menyimpan listrik statis-"dimana listrik dipasang pada tegangan yang sangat tinggi dan dengan sedikit kejutan mereka akan mengalir habis, bahkan hewan yang kuat sekalipun itu mungkin akan jatuh dan mati."

8. Splashdown Spaceship

Pada Novel From The Earth To the Moon, Verne membayangkan pendaratan pesawat ruang angkasa di laut dan mengambang, sama seperti ini kapsul Mercury pada gambar diatas.

Ada penulis Perancis lain pada abad ke-19 yang juga menceritakan tentang teknologi masa depan menjadi karya mereka, akan tetapi Verne lebih dikenang karena dia juga kebetulan menjadi pendongeng yang hebat, Williams mengatakan. "Dia bekerja 20 tahun di teater,"katanya. "Karakternya yang sederhana. Kejeniusan Verne adalah menggabungkan alur cerita yang mendalam dengan hal-hal yang up-to-date dan menggairahkan tentang ilmu pengetahuan dan penemuan."

Di masa Depan Komputer Bisa Di Gulung !!

BY Putra Muharril IN No comments

Tampaknya di masa mendatang kemajuan teknologi di bidang komputasi bakal membuat mulut menganga. Setelah Pranav Mistry sang jenius dari India menciptakan Teknologi Indera Keenam, sekarang dengan Sistem Kabel Terintegrasi dapat ditampilkan manipulasi layar komputer dengan sangat menakjubkan. Kita bisa menentukan ukuran dan bentuk layar semau kita, kapan pun dan di mana pun. Mau lihat film dalam layar kecil atau saat hendak presentasi yang membutuhkan layar lebar, kita tinggal menyesuaikan panjang kabel dengan menyambungkannya, lalu membentuknya sesuai keinginan kita.

Teknologi ini dimungkinkan karena penggunaan beberapa lampu LED yang saling silang dan overlap sedemikian rupa sehingga mampu menampilkan image layaknya layar komputer biasa.
code02 thumb Komputer yang bisa digulung
Interface (antarmuka) pada layar komputer ini dibuat menggunakan suatu susunan laser LED yang diletakkan di dalam komputer, serta kamera yang disusun sedemikian rupa sehingga bisa mendeteksi posisi jari pengguna. Jadi cara mengoperasikan komputer ini persis seperti touchscreen.
code08 thumb Komputer yang bisa digulungcode06 thumb Komputer yang bisa digulung
code03 thumb Komputer yang bisa digulung
Teknologi yang didisain oleh Raphael Lang, Yu-lin Hou and Stephen Chan ini berhasil menyabet posisi runner-up Fujitsu Design Award 2011. Untuk menampilkan layar dalam skala besar tinggal menyambung cord-nya, bisa dibentuk menjadi berbagaimacam display, bisa menjadi multimonitor, bisa digunakan untuk scanning barcode, dan bahkan bisa digunakan untuk scanning benda tiga dimensi sehingga langsung menghasilkan model 3D.
Luar biasa!
code04 thumb Komputer yang bisa digulung
integralcord thumb Komputer yang bisa digulung


Uang Lama Indonesia yang Mungkin Anda Belum Pernah Lihat!

BY Putra Muharril IN No comments


Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Emisi 1970
Seri/ Emisi : Emisi 1970
Pecahan : Rp 2.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Emas
Bentuk : Bulat pipih
Penerbitan : 17 August 1970
Warna Dominan
- Depan : Kuning
- Belakang : Kuning
Ukuran
- Berat : 4,93 gram
- Tebal : -
- Diameter : 18,00 mm


Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Emisi 1970
Seri/ Emisi : Emisi 1970
Pecahan : Rp 5.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Emas
Bentuk : Bulat pipih
- Penerbitan : 17 August 1970
Warna Dominan
- Depan : Kuning
- Belakang : Kuning
Ukuran
- Berat : 12,43 gram
- Tebal : -
- Diameter : 30,00 mm


Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Emisi 1970
Seri/ Emisi : Emisi 1970
Pecahan : Rp 10.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Emas
Bentuk : Bulat pipih
- Penerbitan : 17 August 1970
Warna Dominan
- Depan : Kuning
- Belakang : Kuning
Ukuran
- Berat : 24,68 gram
- Tebal : -
- Diameter : 40,00 mm


Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Emisi 1970
Seri/ Emisi : Emisi 1970
Pecahan : Rp 20.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Emas
Bentuk : Bulat pipih
- Penerbitan : 17 August 1970
Warna Dominan
- Depan : Kuning
- Belakang : Kuning
Ukuran
- Berat : 49,37 gram
- Tebal : -
- Diameter : 50,00 mm


Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Emisi 1970
Seri/ Emisi : Emisi 1970
Pecahan : Rp 25.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Emas
Bentuk : Bulat pipih
- Penerbitan : 17 August 1970
Warna Dominan
- Depan : Kuning
- Belakang : Kuning
Ukuran
- Berat : 61,71 gram
- Tebal : -
- Diameter : 55,00 mm


Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Seri Cagar Alam/1974
Seri/ Emisi : Seri Cagar Alam/1974
Pecahan : Rp 5.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Perak
Bentuk : Bulat pipih
- Penerbitan : 01 October 1974
Warna Dominan
- Depan : Putih
- Belakang : Putih
Ukuran
- Berat : 35,00 gram
- Tebal : 2,87 mm
- Diameter : 42,00 mm


Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Seri Cagar Alam/1974
Seri/ Emisi : Seri Cagar Alam/1974
Pecahan : Rp 100.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Emas
Bentuk : Bulat pipih
- Penerbitan : 01 October 1974
Warna Dominan
- Depan : Kuning
- Belakang : Kuning
Ukuran
- Berat : 33,347 gram
- Tebal : 2,49 mm
- Diameter : 34,00 mm


Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Seri Cagar Alam/1987
Seri/ Emisi : Seri Cagar Alam/1987
Pecahan : Rp 10.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Perak
Bentuk : Bulat pipih
- Penerbitan : 01 October 1987
Warna Dominan
- Depan : Putih
- Belakang : Putih
Ukuran
- Berat : 19,44 gram
- Tebal : -
- Diameter : 36,00 mm


Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Seri Cagar Alam/1987
Seri/ Emisi : Seri Cagar Alam/1987
Pecahan : Rp 200.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Emas
Bentuk : Bulat pipih
- Penerbitan : 01 October 1987
Warna Dominan
- Depan : Kuning
- Belakang : Kuning
Ukuran
- Berat : 10,00 gram
- Tebal : -
- Diameter : 25,00 mm


Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Seri Save The Children Fund/1990
Seri/ Emisi : Seri Save the Children Fund/1990
Pecahan : Rp 10.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Perak
Bentuk : Bulat pipih
- Penerbitan : 01 December 1992
- Penarikan : 31 December
Warna Dominan
- Depan : Putih
- Belakang : Putih

Ukuran
- Berat : 19,44 gram
- Tebal : -
- Diameter : 36,00 mm


Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Seri Save The Children Fund/1990
Seri/ Emisi : Seri Save The Children Fund/1990
Pecahan : Rp 200.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Emas
Bentuk : Bulat pipih
- Penerbitan : 01 December 1992
- Penarikan : 31 December
Warna Dominan
- Depan : Kuning
- Belakang : Kuning
Ukuran
- Berat : 10,00 gram
- Tebal : -
- Diameter : 25,00 mm


Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Seri Demokrasi/1995
Seri/ Emisi : Seri Demokrasi/1995
Pecahan : Rp 300.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Emas
Bentuk : Bulat pipih
- Penerbitan : 16 August 1995
Warna Dominan
- Depan : Kuning
- Belakang : Kuning

Ukuran
- Berat : 17,00 gram
- Tebal : 1,85 mm
- Diameter : 25,00 mm


Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Seri Presiden RI/1995
Seri/ Emisi : Seri Presiden RI
Pecahan : Rp 850.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Emas
Bentuk : Bulat pipih
- Penerbitan : 16 August 1995
Warna Dominan
- Depan : Kuning
- Belakang : Kuning

Ukuran
- Berat : 50,00 gram
- Tebal : 2,78 mm
- Diameter : 35,00 mm






[Nama Uang : Uang Logam Khusus Bank Indonesia Seri For The Children Of The World
Seri/ Emisi : Seri For The Children Of The World
Pecahan : Rp 150.000
Jaman/Masa : Jaman RI Kesatuan
Bahan : Emas
Bentuk : Bulat pipih
- Penerbitan : 31 January 2000
- Penarikan : -
Warna Dominan
- Depan : Kuning
- Belakang : Kuning

Ukuran
- Berat : 6,22 gram
- Tebal : -
- Diameter : 22,00 mm 

Bumi diprediksi akan masuki 'Little Ice Age' atau zaman es baru di tahun mendatang akibat rendahnya aktivitas matahari, demikian yang diungkapkan para peneliti.

BY Putra Muharril IN No comments

Bumi diprediksi akan masuki 'Little Ice Age' atau zaman es baru di tahun mendatang akibat rendahnya aktivitas matahari, demikian yang diungkapkan para peneliti.

Fenomena Aktivitas bintik pada matahari, yang diikuti siklus setiap tahunan, akan mencapai puncaknya pada tahun 2013, setelah itu akan mulai sedikit berkurang. Tapi astronom berpikir kenaikan berikutnya akan kurang intensif dari normal, atau bisa gagal terjadi sama sekali.

Dilansir melalui Telegraph, selama beberapa dekade, Eropa mengalami musim dingin yang luar biasa dan sangat sering, dan waktu tersebut kemudian disebut 'Little Ice Age'. Meskipun tidak ada bukti konklusif yang saling mempengaruhi satu sama lain, banyak ilmuwan mempercayai hal itu.

Bintik matahari adalah lubang kecil gelap di permukaan matahari, yang disebabkan oleh area kecil dari aktivitas magnetik kuat yang mengganggu aliran normal gas yang dipanaskan secara intens.

Ketika ada bintik matahari yang lebih besar, secara keseluruhan hasil dari matahari yang disebut radiasi matahari total atau total solar irradiance (TSI) yang juga tinggi.

Frank Hill, dari National Solar Observatory di New Mexico, yang bekerja pada salah satu studi, mengatakan, "Fakta bahwa ada tiga baris yang terpisah dari semua bukti menunjuk ke arah yang sama dan sangat menarik."

Tapi Joanna Haigh profesor fisika atmosfer di Imperial College London, mengatakan, “Pemanasan global bisa menimpa efek pendinginan pada iklim bumi.”

Selama waktu itu suhu di barat laut eropa hampir 1 derajat Celcius lebih rendah dari normal, dan sekitar 0.5 derajat Celcius lebih rendah dari rata-rata suhu global.

Namun, ia pun mengingatkan, "Bahkan jika prediksi benar, efek pemanasan global akan melampaui kemampuan matahari untuk mendinginkan bahkan dalam skenario paling dingin. Dan dalam hal apapun, efek pendinginan hanya terjadi sementara. Ketika aktivitas matahari kembali normal, maka gas rumah kaca tidak akan pergi," tandasnya.

Artikel Ini Diambil Dari: Prediksi Astronom, 2013 Bumi Kembali Alami Zaman Es

Rumah Iron Man Resmi di Jual Gan! (Ada yang Berminat?)

BY Putra Muharril IN No comments

Rumah Iron Man
Masih ingatkah anda rumah mewah yang ditempati oleh tokoh Tony Stark dalam film Iron Man? Kabar terakhir menyebutkan bahwa rumah mewah tersebut dijual oleh pemiliknya dengan harga 24 juta dollar.

Rumah Iron Man 1
Bangunan dengan luas 11,000 meter persegi itu memiliki 4 buah kamar tidur, 6 buah kamar mandi dan akses khusus ke pantai hitam. Seperti yang bisa anda lihat sendiri pemandangan yang ditawarkan akan rumah ini sangatlah indah.
Rumah Iron Man 2
Rumah Iron Man 3
Rumah Iron Man 4
Rumah Iron Man 5
Rumah Iron Man 6
Sayangnya kostum Iron Man tidak termasuk didalam paket penjualan rumah mewah ini. hehe

Komet Berbahaya Dekati Bumi Pada 2013

BY Putra Muharril IN No comments


Sebuah komet yang diperkirakan bisa menghantam bumi pada 2013 baru saja ditemukan. Komet tersebut ditemukan dengan menggunakan teleskop yang dirancang khusus untuk berburu asteroid berbahaya.

Seperti dilansir dari Livescience.com, komet bisa terlihat dengan mata telanjang ketika jaraknya sangat dekat dengan bumi. Teleskop Hawaii's Pan-STARRS 1, mendeteksi komet yang diberi nama C/2011 L4 (PANSTARRS), pada malam hari, tepatnya 5 dan 6 Juni lalu.

Penemuan ini lalu dilanjutkan observasi menyeluruh dengan menggunakan instrumen lain keesokan harinya. Diperkirakan jarak komet sekitar 30 juta mil (50 juta kilometer) pada Februari atau Maret 2013.
Selama jarak terdekatnya dengan Bumi, sekitar dua tahun, C/2011 L4 (PANSTARRS) bisa terlihat di langit barat setelah matahari terbenam, jika cuaca cerah.

"Komet ini memiliki orbit yang dekat dengan parabola, berarti bahwa ini mungkin pertama kalinya tidak akan pernah mendekati matahari dan tidak pernah bisa kembali, " kata  peneliti dari University of Hawaii, Richard Wainscoat.

Saat ini C/2011 L4 (PANSTARRS) jaraknya sekitar 700 juta mil dari matahari, tepatnya di atas orbit planet  Jupiter. Detil ini didapatkan karena teleskop memiliki teknologi detektor elektronik yang sensitif.

Pan-STARRS 1 menemukan komet berbahaya tersebut dengan melakukan pemindaian pada langit untuk mengenali asteroid yang  berpotensi membahayakan dan kemungkinan menghantam Bumi. Beberapa bulan ke depan, para astronom akan terus mempelajari komet tersebut. Hal ini demi mendapatkan prediksi yang lebih baik. 

10 Karakter Game Dengan Desain Terburuk

BY Putra Muharril IN No comments

Banyak elemen yang menentukan kualitas sebuah game. Plot mungkin menjadi elemen yang paling menentukan. Namun, tidak sedikit yang begitu menyanjung kualitas grafis dan theme song yang dihadirkan di dalamnya yang sebenarnya mampu mendukung plot dengan baik atau tidak. Jika kita membicarakan unsur seperti ini, desain karakter juga menjadi faktor pendukung yang tidak boleh dikesampingkan. Walaupun tidak berpengaruh secara langsung, desain karakter cukup menentukan mood bermain gamer.

Tidak semua karakter di game didesain dengan penuh estetika yang memanjakan mata. Tidak jarang kita menemukan game yang justru menghasilkan karakter yang membuat mata cepat memerah karena kelelahan. Developer tentu saja tidak berniat untuk melakukan hal tersebut, namun seringkali usaha untuk memunculkan karakter yang unik justru berujung blunder. Desain dengan aksesori yang berlebihan, warna yang terlalu mencolok, tema yang tidak berhubungan dengan garis besar game, hingga karakter yang benar-benar seharusnya tidak diciptakan terus bermunculan di dunia game.

Walaupun tidak memiliki konsekuensi yang fatal, kemampuan menghasilkan karakter dengan desain mumpuni, khususnya mereka yang berada di pihak hero memang sesuatu penting. Membangun mood akan membantu gamer menyelesaikan game dengan semangat dan mungkin berakibat sebaliknya jika desain karakter tampak begitu buruk. Berikut ini adalah 10 karakter hero game dengan desain terburuk menurut penilaian saya pribadi.

10. Calintz (Magna Charta)
http://haxims.blogspot.com
Magna Charta yang sempat keluar di Playstation 2 dulu bukanlah sebuah game yang boleh terhitung sebagai sebuah kesuksesan. Pertarungan yang lambat luar biasa dengan animasi yang monoton menjadi kelemahan besar game tersebut. Sang karakter utama, Calintz juga tidak menambah nilai jual yang ada. Wajah yang tidak terlihat heroik dan desain pakaian yang tampak terlalu “glamor” dengan berbagai bulu yang mengitarinya membuat karakter ini sulit untuk dilupakan. Sulit untuk dilupakan karena desainnya yang sama sekali tidak menarik.

9. Wakka (Final Fantasy X)
http://haxims.blogspot.com
Sebuah game RPG yang memiliki lebih banyak karakter tentu saja lebih mudah terpapar kesalahan desain karakternya. Wakka di Final Fantasy X menjadi salah satu bukti yang nyata. Rambut yang tegak berdiri, pakaian dan warna yang aneh, senjata yang berupa bola yang tampaknya tidak keras, dan porsinya dalam cerita membuat karakter ini pantas masuk ke dalam list. Wakka seperti seorang berkebangsaan Jepang yang memaksakan dirinya menjadi penduduk asli Hawaii.

8. Jansen (Lost Odyssey)
http://haxims.blogspot.com
Lost Odyssey memang harus diakui sebagai sebuah game yang mampu menghasilkan pengalaman epik tersendiri. Bercerita tentang sepak terjang manusia abadi, Kaim dan istrinya yang melewati berbagai cobaan hidup, game RPG ini tentu saja menyediakan cukup banyak karakter pendukung, salah satunya adalah manusia biasa bernama Jansen. Di luar kepribadiannya, Jansen memang menawarkan desain yang kurang menarik. Pakaian dan wajah yang terlalu “kewanitaan” dan kepribadian yang tidak jauh berbeda semakin memperparah kesan itu.

7. Rufus (Street Fighter IV)
http://haxims.blogspot.com
Sebuah game fighting yang memuat begitu banyak karakter tidak mungkin lolos dari list. Rufus dari Street Fighter IV pantas mendapatkan posisi di daftar singkat ini. Bagaimana tidak? Terlepas dari kemampuan dan gerakan cepat yang ia miliki, karakter ini memang memiliki penampilan yang aneh. Tubuh yang tambun luar biasa digabungkan dengan pakaian super ketat berwarna cerah dan gaya rambut yang unik, Rufus tampak seperti buah nanas yang memiliki gaya bertarung epik.

6. Jeanne (Bayonetta)
http://haxims.blogspot.com
Kehadiran Jeanne benar-benar merusak mood dan pemandangan indah saat memperhatikan Bayonetta. Karakter dengan pakaian merah ketat ini tampak seperti ibu-ibu tua yang kebetulan memiliki kemampuan bertarung di atas rata-rata. Perannya yang cukup signifikan di dalam lingkup Bayonetta tidak mampu menyembunyikan fakta bahwa Jeanne memang memiliki desain karakter yang tidak menarik.

5. Pigsy (Enslaved)
http://haxims.blogspot.com
Konsep Enslaved untuk membawa cerita klasik “Journey to the West” menjadi sebuah game futuristik memang harus diacungi jempol. Bahkan desain sang karakter utama, Monkey, cukup menggambarkan sang kera nakal, Sun Wu Kong. Namun, itu tidak berarti game ini “menempel” ke konsep legenda lama tersebut. Keberanian untuk menghadirkan sosok Tripitaka dalam balutan wanita yang menarik mata seharusnya diikuti oleh karakter pendukung, Pigsy. Namun kenyataannya, Enslaved justru memperlihatkan desain karakter babi ini begitu terlihat “babi” di zaman futuristik. Aksesori yang berlebihan mungkin menjadi kelemahan utamanya.

4. Sato (Bulletstorm)
http://haxims.blogspot.com
Sato adalah sebuah blunder di game FPS buatan Epic, Bulletstorm. Konsep yang dihadirkan memang keren bahwa Sato berubah menjadi manusia cyborg yang memiliki kekuatan luar biasa. Namun, berusaha menyatukan wajah yang kental oriental dengan lempengan besi yang ditempatkan dengan setengah hati justru menjadikan karakter ini mudah dilupakan. Tidak ada kesan tersendiri ketika melihat Sato. Seperti melihat sebuah NPC yang hanya sembari lewat saja.

3. Leopaldon (Guilty Gear: Isuka)
http://haxims.blogspot.com
Tidak ada informasi yang jelas tentang karakter ini. Tubuh besar yang Anda lihat sebenarnya hanyalah sebuah kendaraan belaka. Pengendalinya? Sang pria yang mengenakan armor hitam di atas bersama dengan anjingnya yang setia. Guilty Gear pantas mendapatkan predikat sebagai salah satu game fighting terbaik yang pernah diciptakan. Namun, desain karakter yang aneh seperti ini (walaupun memiliki skill yang hebat) tidak terlalu menarik untuk digunakan.

2. Voldo (Soul Calibur series)
http://haxims.blogspot.com
Bertubuh luar biasa kurus dengan gerakan tubuh yang seperti tanpa tulang, Voldo merupakan salah satu karakter di Soul Calibur yang berfokus ke serangan tubuh bagian bawah. Terlepas dari seberapa jago gamer menggunakannya, Voldo harus diakui sebagai salah satu karakter dengan desain teraneh. Mata yang selalu mengenakan aksesori tertentu, balutan pakaian yang aneh, senjata ganda yang dapat digunakan untuk bergerak, dan gaya bertarung yang aneh membuat karakter ini meraih posisi runner-up.

1. Quina (Final Fantasy IX)
http://haxims.blogspot.com
Jika kita membicarakan desain karakter teraneh di dunia Final Fantasy secara keseluruhan, usaha Square Enix untuk mengembalikan “sensasi lama” di seri Final Fantasy IX patut menjadi sorotan. Hampir semua karakter di seri ini, baik hero maupun villain, tampak aneh, tidak kharismatik, dan menarik hati. Di antara semua karakter itu, satu yang mendapatkan mahkota di list ini adalah Quina. Sang “wanita” dari bangsa Qu ini berpakaian ala koki, lidah panjang, bahasa yang terbatas, dan memiliki kebiasaan makan yang aneh ini tidak tampak seperti hero dibandingkan hero lain di FF IX. Walapun harus diakui bahwa skill Blue Magic Quina tidak dapat dianggap remeh.


Sekian adalah 10 karakter hero yang menurut saya pribadi memiliki desain yang buruk. Karakter-karakter ini terlepas dari kemampuannya masing-masing, tidak mampu memberikan impact “menarik” ketika muncul di dalam gamenya atau justru malah membuatnya semakin buruk. List di atas didominasi oleh dua genre game, yakni RPG dan Fighting karena memang kedua game tersebutlah yang selalu menghadirkan jumlah karakter yang banyak. Semakin banyak karakter yang dihadirkan, semakin besar usaha untuk mencapai keunikan, semakin luas pula probabilitas terjadinya blunder di desain.


[Canggih] Becak Masa Kini!! Cek Gan!!!

BY Putra Muharril IN No comments

Sekilas tentang becak
Bentuk becak yang kita kenal berasal dari Tiongkok dan kata becak (betjak) juga berasal dari Tiongkok, bee (kuda) dan tja (gerobak) atau berarti kuda gerobak. Masuk ke Indonesia pertama kali pada awal abad ke-20 untuk keperluan pedagang Tionghoa mengangkut barang. Di tahun 1937, demikian tertulis dalam Star Weekly, becak dikenal dengan nama “roda tiga” dan kata betjak/betja/beetja baru digunakan pada 1940 ketika becak mulai digunakan sebagai kendaraan umum.
Selama ini kita hanya menganggap becak sebagai alat transportasi yg jadul dan ketinggalan jaman.
Spoiler for becak lama:


Namun, sekarang sepertinya kita harus merevisi anggapan kita tentang becak. Becak juga akan berkembang mengikuti perkembangan teknologi.



Ini dia becak-becak masa depan gan

BECAK COLUMBIA


Becak ini merupakan konsep becak dari Bogota, Columbia. Konsep bentuk becaknya sich keren gan, tapi sayang masih pake kayuhan
Spoiler for becak:

Spoiler for becak:

Spoiler for becak:

Spoiler for becak:

Spoiler for becak:

Spoiler for becak:

BECAK VELOTAXI

Setelah diperkenalkan di Berlin, ternyata kota-kota besar lain di Jerman dan Eropa lainnya, bahkan Jepang, juga tertarik. Duesseldorf, Vienna, hingga Kyoto langsung tertarik pada konsep Velotaxi yang ramah lingkungan. Kini tak hanya kota-kota di Jerman mempunyai Velotaxi, tapi juga di kota-kota lain di Eropa bahkan Jepang. Dimulai oleh Kyoto di tahun 2002, kemudian berlanjut ke Tokyo, Osaka, hingga ke Fukuoka di tahun 2006. Fukuoka menjadi kota ke-15 di Jepang yang memberlakukan Velotaxi.

Pada perkembangannya, turis pun tertarik pada kendaraan yang dioperasikan oleh Velotaxi GmBH, maka kendaraan ini pun jadi andalan di musim libur seperti pada musim panas. Bagi kota-kota di negara maju itu, kendaraan ini menjadikan mereka lebih pede menyebut diri sebagai kota metropolitan, kota yang ramah pada lingkungan. Bagi dunia periklanan, Velotaxi merupakan media iklan yang efektif. Di Berlin, bahkan produk sebesar Esprit atau pusat belanja C&A pun beriklan di Velotaxi.
Spoiler for becak:

Spoiler for becak:

Spoiler for becak:

Spoiler for becak:

BECAK JERMAN


Autoevolution pada Kamis 18 November 2010, menyatakan bahwa becak bertenaga listrik tanpa onthel ini diciptakan untuk ajang Los Angeles Design Challenge, sebuah kompetisi kendaraan dengan berat maksimum 454 kg. Dibuat oleh perusahaan Advanced Design Studio di Tokyo, kendaraan ini dapat menampung dua penumpang.
Kendaraan ini menggunakan bahan-bahan alami seperti mobil konsep Mercedes Biome. Bingkai terbuat dari serat karbon dan material komposit organik, sementara pintu-pintu dan jendela terbuat dari polikarbonat dan atap panorama menggunakan bahan organik yang fleksibel.
Becak ini dilengkapi dua motor listrik yang masing-masing memproduksi tenaga 27 hp. Arus listrik disimpan pada baterai lithium-ion yang dipasang di bagian belakang kendaraan.
Spoiler for becak:

Spoiler for becak:

Spoiler for becak:


BECAK NEPAL


Selain kendaraan bermotor, becak ternyata juga ada yang bertenaga hybrid. Di Kathmandu, Nepal, ada becak hybrid, yaitu becak yang bisa digenjot manusia dan juga bisa digerakkan dengan tenaga angin.
Spoiler for becak:


BECAK TENAGA SURYA (Asli Indonesia)

Spoiler for becak:
Becak listrik tenaga surya. Dua mahasiswa Politeknik Elektronika Institut Teknologi Sepuluh November menciptakan becak listrik yang memanfaatkan tenaga surya dan motor penggerak.

"Kalau listriknya penuh akan dapat digunakan perjalanan oleh dua orang sejauh 15 kilometer dengan kecepatan 10-20 kilometer per jam," kata salah seorang perancang becak listrik, Muhammad Effendy, kepada ANTARA di Surabaya, Kamis.

Didampingi rekannya Muhammad Nasir Fanani yang sama-sama semester enam Jurusan Elektronika, ia mengemukakan hal itu di sela-sela "Final Project Competition 2010" di Gedung D4 Politeknik Elektronika Institut Teknologi Sepuluh November.

Menurut dia, tenaga surya untuk menghasilkan listrik yang menggerakkan becak listrik itu berasal dari solar sel ukuran 50 WP yang menghasilkan daya listrik 2 Amphere atau 19 volt. "Kalau energi surya tidak ada karena musim hujan, maka daya listriknya dapat dihasilkan dengan menggerakkan generator (motor penggerak) secara manual melalui pedal yang ada selama tiga jam," katanya.

Namun, katanya, bila tidak mau memakai cara manual, maka bisa diisi dengan aliran listrik. Ditanya kemungkinan becak listrik itu diaplikasikan kepada tukang becak yang sudah memiliki becak, ia mengatakan aplikasi dapat menggunakan satu solar sel dan aki kecil.